Ilmu

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang ada, baik yang kecil maupun yang besar, baik yang telah lalu, sekarang, maupun yang akan datang. Sebab, Dia Ada dan Maha Meliputi segala waktu dan tempat, dan seluruh makhluk adalah ciptaan-Nya yang ada di sisi-Nya. Dan makna ilmu adalah hadirnya objek ilmu di hadapan orang yang mengetahui.

Manusia Alim (orang yang berilmu/mengetahui) berkenaan dengan kita (manusia) terbagi dalam dua bagian:
Pertama, mengetahui yang gaib (metafisik).
Kedua, mengetahui yang tampak (eksperimental).

Adapun berkenaan dengan Allah, maka pengetahuan di sisi Allah adalah satu karena tidak ada yang gaib bagi Allah. Allah swt berfirman di dalam al-Quran al-Karim; “Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satu pun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit” (QS Ali Imran :5)

Untuk menetapkan ilmu Allah swt, kita bisa menyebutkan beberapa dalil, di antaranya seperti yang telah kita sebutkan. Yaitu, sesungguhnya “sebab” (al-illah) itu mengetahui akibatnya, karena akibat itu hadir dihadapannya, dan keberadaannya terikat dan bergantung pada sebab itu. Akan tetapi, dalil yang paling sederhana tentang ilmu adalah kita bisa memperhatikan contoh-contoh ilmu yang dimiliki oleh makhluk-makhluk Allah, termasuk manusia, maka sudah pasti Penciptanya adalah Maha Berilmu. Tindakan Allah menganugerahkan ilmu-Nya kepada makhluk-Nya supaya tampak sebagian ilmu-Nya.

Wassalamu’laikum Wr. Wb.

Iklan

4 Tanggapan

  1. Bahkan Nabi Sulaiman pernah ditegur oleh Allah karena terlalu sombong dengan kemampuan yg dimilikinya. Bgaimana dengankita yg bukan Nabi tetapi sombong dengan ilmu yg dimiliki?
    Salam kenal dan hangat.

    • Yang namanya manusia cenderung kepada Ego-nya, maka Allah menurunkan Islam untuk meluruskan ke-Egoan manusia atas ilmu yg dimilikinya.
      Salam kenal dan hangat juga, semoga Mas tidak bosan berkunjung ketempat yg masih gersang ini. 🙂

  2. Kunjungan malam
    selamat tiduuuuuuuuuuuuuuur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: